PROPOSAL USAHA BISNIS
FOLD STORE DISTRO
Dibuat untuk memenuhi tugas
KEWIRAUSAHAAN
Dosen Pengampu : Dr. Drs.
Sukirman., SPd., SH., MM
Disusun oleh :
Dyah Prahesti 2015-11-001
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
TAHUN 2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah
memberikan Rahmat serta karunia-Nya kepada saya. Sehingga saya dapat
menyelasaikan proposal usaha ini yang dengan tepat pada waktunya. Yang dimana
proposal usaha ini bernama “Distro”.
Proposal ini
berisikan tentang bagaimana cara kita untuk membuka suatu bidang usaha. Yang
dimana semua tentang cara-cara untuk menentukan lokasi sampai dari modal usaha
akan di bahas secara detail.
Diharapkan
proposal ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang cara untuk
membuka suatu usaha. Saya menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari
sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat
membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan proposal ini.
Akhir kata, saya
sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam
penyusunan proposal ini dari awal sampai akhir. Semoga Tuhan senantiasa
melindungi kita semua dari segala usaha kita. Amin.
Kudus, 18 Maret 2017
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR ………………………………………………………………….. ii
DARTAR
ISI …………………………………………………………………………… iii
RINGKASAN
……………………………………………………………………….…… 1
BAB
I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
…………………………………………………………………….…. 2
1.2
Konsep Usaha ………………………………………………………………………… 2
1.3
Visi ……………………………………………………………………………………. 3
1.4
Misi …………………………………………………………………………………… 3
1.5
Tujuan Usaha …………………………………………………………………………. 3
1.6
Manfaat Usaha ………………………………………………………………………... 4
BAB
II PROFIL PERUSAHAAN
2.1
Profil Organisasi …………………………………………………………………….. 5
2.2
Lokasi Perusahaan …………………………………………………………………... 5
BAB
III STRUKTUR ORGANISASI
3.1
Nama Unit Usaha …………………………………………………………………….. 6
3.2
Organisasi ……………………………………………………………………………. 7
3.3
Personalia …………………………………………………………………….……….. 7
3.4
Tenaga Kerja ………………………………………………………………………….. 7
BAB
IV PRODUK USAHA
4.1
Jenis Produk …………………………………………………………………………. 8
4.2 Produk yang Dihasilkan
…………………………………………………………….. 8
4.3 Harga Produk
………………………………………………………………………… 8
4.4 Model dan Design Produk
…………………………………………………….......... 9
4.5 Penetapan Harga
……………………………………………………………………. 9
4.6 Sumber-Sumber Produk atau Bahan
……………………………………………….. 10
BAB V ASPEK PEMASARAN
5.1 Target dan Segmentasi Pasar
……………………………………………………….. 11
5.2 Faktor Kompetitf ……………………………………………………………………. 11
5.3 Rencana Penjualan
………………………………………………………………….. 12
5.4 Program Pemasaran
………………………………………………………………… 18
5.5 Gambaran Tentang Masa Kini
………………………………………………………. 18
5.6 Resiko Usaha dan Antisipasi
Resiko ………………………………………………… 19
BAB VI RENCANA KEUANGAN
6.1 Marketing Aspek SDM
……………………………………………………………… 20
6.2 Metode Pelaksanaan Program
………………………………………………………. 22
6.3 Biaya Investasi
……………………………………………………………………….. 23
BAB VII PENUTUP
7.1 Simpulan
……………………………………………………………………………… 24
7.2 Rekomendasi …………………………………………………………………………. 25
DAFTAR PUSTAKA
……………………………………………………….…………… 26
LAMPIRAN
………………………………………………………………………………. 27
ABSTRAK
Usaha distro
adalah usaha yang kini sedang berkembang seiring dengan perkembangan dunia
fashion khususnya fashion remaja. Usaha distro merupakan sebuah usaha singkatan
dari Distribution store atau bisa juga di sebut dengan sebagai Distribution
Outlet. Usaha ini sebenarnya hamper sama dengan usaha distribusi lain namun
memiliki ciri khas yaitu sifat eksekutifnya, produksi tidak dilakukan secara
masal sehingga distro ini akan memiliki kekhususan tersendiri.
Melihat pada minat
masyarakat terlebih kalangan remaja atau muda-mudi, kami tergerak untuk mencoba
menjalankan bisnis distro ini. Selian itu, untuk menunjang pemasaran, kami juga
berniat menjalankan usaha distro online yang akan kami lakukan dengan
segmentasi pasar remaja pengguna Internet di seluruh Indonesia. Melihat prospek
cerah usaha distro kami berniat untuk menjalankan usaha ini sebagai salah satu
usaha kecil menengah di bidang fashion.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Sebelum kita memulai usaha yang lagi gila-gilanya di berbagai kota
ini setidaknya kita mengetahui latar belakang berkembangnya distro di Indonesia
dan mengetahui unsur-unsur apa sajakah yang di perlukan dalam membangun usaha
ini. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa keunggulan desain dan kualitas produk
merupakan unsur utama yang sangat menentukan daya saing suatu prosuk manufaktur
di era perdagangan glbal dewasa ini. Tanpa dikuasainya kedua unsur itu, maka
dapat dipastikan suatu produk manufaktur akan sulit bersaing di pasar, baik di
pasar domestic, maupun di pasar internasional. Bahkan, sangat mungkin terjadi
produk tersebut akan benar-benar tersingkir dari arena persaingan pasar.
Keunggulan kreatifitas dan inovasi di bidang desain dan kualitas
produk sangat dimungkinkan, karena kebanyakan para pengusaha muda itu umumnya
memiliki latar belakang pendidikan bidang seni dan desain. Kreativitas
merupakan suatu topic yang relevan tidak hanya bagi wirausaha yang baru
memulai, tetapi juga bagi bisnis dan kegiatan bisnis pada umumnya. Konsep usaha yang dijalankan adalah pakaian
jadi, baju kaos, jaket dan celana, topi, sepatu, tas dompet dan ikat pinggang
Justru dengan mengandalkan kreatifitas dan inovasi desain produk
itulah, kalangan pebisnis distro dapat meraih nilai tambah yang cukup tinggi
denan memperoleh harga di atas harga jual rata-rata produk sejenis yang
dipasarkan di department store atau outlet pakaian lainnya. Namun konsumen
sendiri merasa puas dengan produk distro karena memiliki desain dan mere yang
eksklusif. Bahkan dengan keeksklusifannya, desain-desain pakaian yang
dihasilkan distro banyak sedikit kini sudah menjadi trend setter dalam dunia
fashion di tanah air.
1.2
Konsep Usaha
Bisnis atau usaha kami bergerak di bidang perdagangan yang menjual
berbagai aneka pakaian serta fashion yang pastinya up to date dan cocok dengan
selera masyarakat, khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka
kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami
akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional
maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para konsumen/pembeli.
1.3
Visi
a.
Menjadikan
perusahaan kaos distro terbaik yang senantiasa mampu bersaing dan tumbuh
berkembang dengan sehat.
b.
Sebagai jasa
media promosi yang handal di berbagai sarana media di skala internasional.
1.4
Misi
a.
Menghasilkan
laba yang pantas yang untuk mendukung pengembangan perusahaan serta memberikan
deviden yang memuaskan bagi para pelanggan.
b.
Memproduksi
berbagai jenis kaos yang terkait dengan kebutuhan masyarakat dengan mutu
terbaik, harga dan pasokan yang berdaya saing tinggi melalui pengolahan yang
professional demi kepuasan pelanggan.
c.
Memberi
penghargaan kepada teman melalui kesejahteraan yang memadai, penyediaaan
lingkungan kerja yang aman, memberi kesempatan untuk pengembangan karier serta
melakukan.
d.
Menjalin
kemitraan kerja sama dengan pemasokan penyalur yang saling menguntungkan.
e.
Memberi
perhatian yang tulus kepada masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja dan
dukungan pembinaan social.
1.5 Tujuan Usaha
Usaha distro ini di buat khusus bagi
anak muda. Yang dimana style anak muda sekarang semakin berkembang. Mengikuti
perkembangan tersebut timbul sebuah ide gagasan untuk membuat sebuah usaha
distro. Yang dimana menyediakan kebutuhan gaya anak muda zaman sekarang. Dengan
design yang lagi trend di kalangan anak muda sekarang.
Disini juga kami ingin memberikan
fasilitas seperti produk import, dari berbagai jenis merek yang terkenal dengan
harga yang sepadan dengan kualitas produk yang kami sediakan. Kami juga ingin
memberikan suatu insfirasi dari dsign yang kami buat sendiri. Memberikan
kualitas produk yang bagus adalah salah satu tujuan dari distro saya ini.
Selanjutnya adapun maksud dan
tujuannya adalah sebagai berikut :
1.
Berperan aktif
dalam bidang bisnis dan kewirausahaan.
2.
Menyediakan
kebutuhan fashion bagi masyarakat, supaya lebih mudah.
3.
Mengurangi
tingkat pengangguran.
4.
Menjalin
persahabatan antara pelanggan.
5.
Mendapatkan keuntungan
atau laba.
1.6 Manfaat Usaha
a.
Mafaat Ekonomi
Usaha distro ini cukup menjanjikan,
karena keuntungan yang didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan
kemudahan bagi pelanggan dengan menjual produk yang berkualitas dan tidak
murahan, dengan kata lain kualitas produknya selalu dijaga. Dengan usaha ini
diharapkan dapat memberikan keuntungan yang sebesar-besarnya.
b.
Manfaat social
1.
Bagi pemilik
Dengan melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat berkembang
ke berbagai daerah bahkan ke negara manapun. Usaha disto ini cukup menjanjikan
bagi kita, karena masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang belum ada toko
distro, sehingga kita dapat memasarkannya ke daerah tersebut. Keuntungan yang
diperoleh oleh pemilik usaha yaitu dapat menjadikan sebagai pengalaman dalam
berbisnis. Serta dapat menjadi pembelajaran dalam menjalankan bisnis-bisnis
yang lain yang lebih besar. Pembelajaran yang diperoleh seperti bagaimana cara
melayani konsumen, serta bagaimana supaya karyawan menjadi senang dengan
kebijakan yang kita tetapkan, dan lain sebagainya.
2.
Bagi masyarakat
Dengan
adanya distro ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat untuk memenuhi
kebutuhan fashion merreka. Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka
lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karena apabila usaha
ini telah berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam
kelancaran usaha.
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
2.1
Profil Organisasi
Nama Usaha : FOLD STORE
Jenis Usaha :
Distro bergerak di bidang fashion
Alamat : Pati Jl. Kayen-tambakromo (timur pasar kayen)
Pemilik : Dyah Prahesti
2.2 Lokasi Perusahaan
Dalam mendirikan
usaha distro kami harus mencari tempat yang strategis, karena pada umumnya
sebagian konsumennya anak muda maka sebaiknya distro dibangun atau didirikan di
tempat yang biasa anak muda serring berkumpul. Dengan cara ini tentu distro
yang didirikan akan menarik perhatian anak muda tersebut dan kemudian
mengunjungi distro tersebut. Selain dengan cara tersebut, orang banyak
menggunakan internet untuk mempromosikan distronya. Blog atau situs pertemanan
sering digunakan untuk memperknalkan distro yang mereka dirikan kepada
orang-orang. Selain itu mempromosikan melalui mulut ke mulut juga cukup
efektif. Apalagi distro merupakan tempat anak-anak muda berkumpul, pasti mereka
akan memberi tahu kepada temannya untuk mengunjungi distro tersebut.
Lokasi yang saya
incar adalah di daerah yang ramai penduduk. Tempat yang strategis dan dekat
dengan jalan raya, sehingga pengunjung akan lebih mudah untuk mengunjungi
distro kita. Sehingga para konsumen dapat singgah untuk melihat produk-produk
baru yang kita miliki. Lokasi inilah yang membuka jalan kesuksesan dalam
menjalankan usaha yang sedang kita tekuni.
BAB III
STUKTUR ORGANISASI
Dengan semakin
berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan
yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka
suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Usaha distro Fold Store mempunyai slogan “wild and worldwide”
Daerrah Jl. Kayen
pati merupakan kawasan yang tepat dalam membangun sebuah usaha di karenakan
tempatnya yang strategis juga sering digunnakan tempat nongkrong anak muda,
kami mengharapkan nantinya usaha kami ini akan berkembang pesat dengan
inovasi-inovasi yang selalu kami berikan untuk produk kedepannya.
Usaha Distro ini
berdiri atas keinginan kami yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam
bidang kewirausahaan, kami mendirikan sebuah usaha distro yang dinamakan Fold
Store yang berdiri di kota Pati, kota yang sedang gencar dalam melaksanakan
pembangunan dan dengan tingkat kesejahteraan warganya yang cukup tinggi serta
kesadaran akan berpakaian yang menarik di setiap warga kotanya.
Fold Store didirikan
untuk mempelopori para kaum muda di Pati agar dapat mendirikan sebuah usaha
yang menarik dan memiliki sebuah prinsip sehingga dapat bergna dalam
perkembangan Negara maupun di Pati.
3.1 Nama Unit Usaha
Pemeberian
nama usaha merupakan sebuah doa dan harapan dari pemilik toko. Saya akan
memberi nama usaha ini adalah :
FOLD STORE DISTRO
Alamat usaha
didirikan : Jl. Pati
Kayen-tambakromo (timur pasar kayen)
Pemilik :
Dyah Prahesti
Tagline :
Wild And Worldwide
3.2 Organisasi
Organisasi
yang saya jalankan ini bergerak di bidang fashion yaitu menitiberatkan pada
pakaian anak muda. Dimana usaha ini akan bisa bersaing dan mengambil andil
diorganisasi pengusaha.
3.3 Personalia
Dalam usaha
yang saya geluti, distro ini membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak
meliputi :
1.
Bagian
departemen keuangan dibutuhkan 1 orang
2.
Bagian
departemen pembelian dibutuhkan 1 orang
3.
Bagian
departemen penyedia dibutuhkan 1 orang
4.
Bagian
departemen pemasaran dibutuhkan 1 orang
5.
Karyawan untuk
pelayanan pelanggan dan proses pemuatan produk dibutuhkan 5 orang
3.4 Tenaga Kerja
Tenaga kerja yang
kita gunakan dalam distro ini adalah laki-laki. Karena kebanyakan yang dijual
dalam distro kami ini adalah kebanyakan produk fashion laki-laki. Dan
rencananya kami akan mempekerjakan wanita, di dalam memilik karyawan kita juga
harus menentukan kriteria yang pas untuk distro kami. Karena postur tubuh yang
ideal akan lebih menarik pelanggan untuk mengunjungi toko kita.
BAB IV
PRODUK USAHA
4.1
Jenis Produk
Jenis produk yang
ingin saya buat adalah yang sesuai dengan trend anak muda sekarang, yang
terkhusus bagi para mahasiswa. Kami ingin memberikan jenis produk mulai dari
pakaian jadi, baju kaos, jaket dan selana dan pernak-perniknya, topi, sepatu,
tas, dompet dan ikat pinggag. Kami berusaha keras untuk memberikan produk yang
beda dengan produk di pasaran murah. Produk distro ini akan memberikan kualitan
dan design yang beda denggan produk yang ada di pasaran murah. Sehingga para
pembeli akan merasa puas dengan apa yang telah di belinya.
4.2 Produk yang Dihasilkan
Semakin tingginya
kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan
sampai 5 buah pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak
digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualias
produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan, yaitu
:
a.
Berkualitas
tinggi dan dapat memuaskan konsumen.
b.
Bermacam-macam
bentuk dan ukurannya dengan style yang up to date.
c.
Hasil sablon
sangat rapid an tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
Keunggulan produk. Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai
macam fungsi dan manfaat. Selain itu produk yang kami pasarkan mempunyai
beberapa keistimewaan, diantaranya :
a.
Harga
terjangkau oleh kemampuan konsumen.
b.
Kualitas produk
terjamin.
c.
Sesuai dengan
selera masyarakat.
4.3 Harga Produk
Dalam menentukan harga barang atau produk yang dijual memang harus
disesuaikan dengan kantong dari konsumennya. Tapi meskipun biasanya
barang-barang yang di jual di distro agak mahal, tetapi tetap saja tidak
mengurangi minat para anak muda untuk membeli pakaian, celana, atau aksesoris
yang mereka gunakan di distro. Memang gengsi di antara kalangan anak muda
mempengaruhi hal tersebut, tetapi model dan kualitas barang-barang yang ada di
distro sangat sesuai dengan selera para anak muda, sehingga mereka tetap
membeli barang-barangg yang ada di distro meskipun harganya mahal. Akan tetapi
pemilik distro harus memperhatikan kualitas dari barang yang dijualnya, agar
harga yang para konsumen bayar sesuai dengan kualitas barang yang mereka beli.
Sebenarya ada 2 jenis distro yang disekitar timur pasar Kayen, keunggulan dari
Fold Store ini terletak pada segi harga yang lebih terjangkau, dan
produk-produk yang dipasarkan juga lumayan banyak, sehingga dapat memilih
produk sesuai dengan keinginan konsumen.
4.4 Model dan Design Produk
Anak-anak muda
biasanya tidak mau ketinggalan dalam hal berpakaian, mereka selalu berusaha
mengikuti trend masa kini. Dan model pakaian yang dijual di distro biasanya
mengikuti perkembangan trend masa kini. Seperti model gambar pada baju
misalnya, biasanya distro menjual baju-baju dengan gambar-gambar artistic yang
sangat bagus dan digemari anak-anak muda. Contoh lain baju-baju pada distro
memiliki warna-warna yang menarik dan beraneka ragam. Dengan menyediakan sperti
contoh-contoh di atas tentu para konsumen akan puas dengan barang-barang yang
ada di distro.
4.5 Penetapan Harga
Harga yang akan
dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat
sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan
sebagai harga awal berikut adalah table harga jasa produk yang ditawarkan,
adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan degan perkembangan selanjutnya.
Berikut adalah daftar harga yang telah ditentukan oleh distro Fold
Store
No
|
Jenis
Produk
|
Harga
|
1
|
Kemeja lengan
pendek
|
>Rp 90.000
|
2
|
Kemeja lengan
panjang
|
>Rp 120.00
|
3
|
Celana jeans
panjang
|
>Rp
130.000
|
4
|
Celana pendek
|
>Rp 90.000
|
5
|
Jaket
|
>Rp
170.000
|
6
|
Kaos
|
Rp 70.000 –
Rp 170.000
|
7
|
Tas
|
>Rp
140.000
|
8
|
Sepatu
|
>Rp
160.000
|
9
|
Aksesoris
|
Rp 20.000 –
Rp 70.000
|
No
|
Merk
dan jenis produk
|
Harga
produk
|
1
|
Baju Berak
|
Rp. 130.000,-
|
2
|
Fold
|
Rp. 110.000,-
|
3
|
Jaket bomber
|
Rp. 150.000,-
|
4
|
Sweater
|
Rp. 115.000,-
|
5
|
Celana
panjang
|
Rp. 130.000,-
|
6
|
Sepatu vans
|
Rp. 160.000,-
|
7
|
Tas ransel
|
Rp. 140.000,-
|
8
|
Hem panjang
|
Rp. 130.000,-
|
9
|
Kemeja pendek
|
Rp. 95.000,-
|
10
|
Sepatu
converse
|
Rp. 120.000,-
|
11
|
Kaos surfing
|
Rp. 80.000,-
|
12
|
Jaket skate
|
Rp. 180.000,-
|
13
|
Kaos skate
|
Rp. 90.000,-
|
14
|
Kaos polo
|
Rp. 90.000,-
|
15
|
Scac ltd
|
Rp. 125.000,-
|
4.6
Sumber-Sumber Produk/Bahan
Untuk
sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari supplier
atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan
model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak
merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang
membelinya.
BAB
V
ASPEK PEMASARAN
5.1
Targer dan
Segmentasi Pasar
1.
Segementasi : Berdasarkan wilayah
pemasaran, sikap dan kemampuan konsumen, yang akan menjadi segmen pemasaran
distro ini adalah masyarakat yang ada di Pati serta para pengunjung dari luar
kota lainnya, baik perempuan dan laki-laki diatas 17 tahun yang telah memiliki
pendapatan tersendiri dengan skala bawah, menengah, dan atas.
2.
Targeting :
Pasar yang kita coba identifikasi ialah kaula muda yang ingin tampil modern dan
trendi dalam berpakaian sehari-hari. Dan juga para pemilik online shop yang
ingin bekerjasama untuk menjual barang-barang yang ada di distro kami dengan
harga yang tidak jauh beda dari harga pasaran distro untuk memudahkan
pelanggan.
3.
Positioning :
Berdasarkan keunggulan yang dimiliki produk ini, seperti bahan baku yang
berkualitas baik, desainnya yang unik, keberagaman produk yang disediakan,
serta dapat mengikuti selera konsumen, maka posisi produk distro ini adalah
prouk yang berkualitas tinggi dan akan disukai oleh target pemasaran.
5.2
Faktor
Kompetitif
1.
Ruang lingkup
usaha
Ruang lingkup usaha distro ini kami
rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju
mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang
terbaik untuk konsumen.
Usaha Fold Store Distro terletak Jl.
Pati Kayen-tambakrama km 1 sebelah timur pasar Kayen. Distro ini sudag
mempenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut
tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi
sangat mudah.
2.
Analisis
operasional
Adapun rencana produksi yang dijalankan ialah sebagai berikut :
a.
Desain produk
Desain
produk yang diusahakan ialah kami membuatnya dengan semenarik mungkin agar
pelanggan tidak bosan dengan tampilan distro yang biasa-biasa saja.
b.
Tempat usaha
Tempat
usaha yang kami rintis ialah dipinggir jalan-jalan utama yang ramai dilalui
orag, agar konsumen dapat dengan mudah mengakses tempat usaha kami.
c.
Pengawasan
kualitas
Dalam mengontrol kualitas produk
dari usaha kami ini agar dapat dinikmati oleh konsumen dengan baik, maka kami
melakukan pengecekan setiap hari terhadap kualitas maupun kuantitas dari
produk-produk yang ada di distro kami. Agar para konsumen tidak mendapatkan
produk/barang yang tidak layak jual.
3.
Kondisi Pasar
Kondisi pasar yang stabil dengan keramaian. Sehingga tidak ada yang
namanya hari libur sepi pengunjung. Misalnya di perkotaan, sehingga masyarakat
akan senantiasa banyak yang akan dating. Peluang kesuksesan pun akan semakin
jelas kelihatan. Kondisi pasar yang selalu ramai baik dari lingkungan setempat
maupun dari luar kota.
4.
Permintaan
Jika
dilihat dari estimasi : dalam
sehari tidak akan kurang dari 15 orang yang mendatangi Fold Store Distro,
karena banyaknya kalangan anak muda yang benar-benar mengikuti trend masa kini
yang ingin berpenampilan menarik dan menjadi pusat perhatian. Dan juga dengan
selalu adanya acara-acara anak muda yang selaras dengan konsep fashion kami.
5.
Penawaran
Penawaran
yang diberikan oleh toko ini ialah kualitas barang yang baik dengan tingkat
ketersediaan barang yang memadai, maka dengan kualitas barang yang bagus harga
yang ditawarkan pun pasti tinggi, namun dengan seimbangnya antara harga dengan
kualitas barang yang ditawarkan konsumen tidak akan merasa kecewa ataupun
merasa kemahalan karena kita menyesuaikan dengan tingkat kemampuan pelanggan.
5.3
Rencana
Penjualan
1.
Analisis SWOT
Adapun
analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut :
a.
Factor internal
i.
Strengths
(Kekuatan)
·
Harga dari
produk yang dijual di Fold Store ini tidak terlalu murah juga tidak terlalu
mahal, sehingga dapat terjangkau oleh kalangan masyarakat/konsumen.
·
Distro Fold
Store ini mempunyai tempat yang nyaman,
karena kualitas dan kebersihannya selalu kami utamakan.
·
Karena distro
Fold Store mempunyai banyak pilihan mulai dari baju, celana, tas sampai sepatu,
sehingga konsumen dapat memilih pakaian yang sesuai dengan keinginan mereka
masing-masing.
·
Perlengkapannya
mudah di dapatkan.
ii.
Weakness
(Kelemahan)
·
Fektor tempat
juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karena apabila tempatnya kurang
ramai maka permintaan akan sedikit.
·
Permintaan dari
konsumen biasanya akan menurun, jika keeadaan cuaca sedang buruk.
·
Factor kenaikan
dari harga barang juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.
b.
Factor eksternal
i.
Opportunities
(Peluang/Kesempatan)
·
Melihat
banyaknya masyarakat dan mahasiswa yang membutuhkan pakaian terutama fashion
pakaian, sehingga distro Fold Store mempunyai banyak pakaian dan merk yang kita
jual.
·
Sebagian besar
pemilik distro yang ada hanya menawarkan beberapa produk pakaian yang itu-itu
saja, maka distro kami menawarkan berbagai macam produk mulai baju, kemeja,
celana panjang maupun pendek, tas, sepatu dan aksesoris lainnya.
·
Fold Store
menjual berbagai macam produk dan pakaian dari anak muda, mahasiswa dan anak
sekolah lainnya. Dan apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada
konsumen kurang memuaskan, maka konsumen pun akan merasa kecewa, sehingga usaha
ini akan terancam bangkrut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kami dalam
menjalankan usaha ini akan selalu memberikan pelayanan dan kualitas produk yang
terbaik kepada semua konsumen kami. Kualitas produk yang baik dan pelayanan
yang terbaik menjadi prioritas utama kami dalam menjalankan usaha ini.
2.
Rencana usaha
Adapun
rencana usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut :
a.
Rencana jangka
pendek
Usaha diatro yang kami rintis ini
bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam usaha bisnis bagi kalangan
sesame mahasiswa maupun bagi umum, selaik dapat meningkatkan kreativitas, juga
dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan.
b.
Rencana jangka
menengah
Usaha yang kami rintis ini pastinya
akan kami kembangkan demi mewujudkan impian kami bersama, yaitu ingin menjadi
seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci
awal untuk keberlanjutan usaha kami kedepannya.. pelanggan ialah raja, maka
dari itu kepuasan pelanggan menjadi yang utama dari segalanya, karena tanpa
pelanggan belum tentu usaha ini akan bertahan lama. Tidak lupa pula kami rajin
melakukan promosi usaha kami, baik dari mulut ke mulut, media online, dan media
yang lainnya.
c.
Rencana jangka
panjang
Setelah berhasil mendapatkan
pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini,
tidak lupa pula kami membangun jaringan dengan pabrik pakaian agar kami dapat
dengan mudah untuk mendapatkan bahan baku agar usaha ini tidak mengalami
kendala apapun dalam penyediaan bahan baku.
3.
Analisis pasar
dan pemasaran
Analisis
pasar dan pemasaran usaha distro kami yaitu :
a.
Target pasar
Usaha ini berlkasi di tempat-tempat
yang strategis dan di pinggir-pinggir jalan utama. Tempat yang berlokasi
tersebut yang banyak di lewati oleh masyarakat, baik masyarakat local maupun
non local sehingga usaha kami ini mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Yang
menjadi target pasar kami yaotu masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna
jalan tempat usaha kami berdiri.
b.
Pesaing
Terdapat banyak pesaing dari usaha
ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik
konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak
senang dengan tindakan kita. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga
antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing.
Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.
c.
Sasaran pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran
pembeli kami yaitu mecakup semua kalangan masyarakat. Dari semua kalangan
tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karena
harga yang kami berikan pun untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan sesuai
dengan jenis produk barang yang akan dibeli oleh para konsumen.
4.
Strategi
pemasaran
Adapun
strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah :
a.
Dari mulut ke
mulut
Promosi ini merupakan promosi yang
paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk mlakukan promosi.
Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk
mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua
konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Daan apabila usaha kita sudah
diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang
lain untuk membeli produk dari Fold Store Distro dii tempat kita.
b.
Dengan media
Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut,
maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat
melalui facebook, Instagram, blog, dll. Karena sebagian besar masyarakat telah
menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita.
c.
Pengembangan
pasar
Selain melakukan berbagai strategi
pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromosikan usaha kami ini dengan
cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam
hal ini, dapat dengan memperluas usaha distro ini ke daerah-daerah lain, dengan
harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan
pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan
karyawan baru.
d.
Pengembangan
produk
Penegmbangan produk dri usaha ini
dapat menambahkan beberapa barang yang tidak dimiliki pesaing lain sehingga
dapat memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar
semakin luas, da tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat.
5.
Bauran
pemasaran
Bauran
pemasaran yang dilakukan oleh Fold Store Distro adalah 7P karena disamping
menyediakan kelangkapan fashion, Fold Store Distro pun melayani jasa kirim
barang, jika pelanggan mengorder diatas 5 piece.
a.
Factor harga
(Price)
Dalam bisnis distro ini harga produk
fashion (baju) yang ditawarkan bermacam-macam berkisar Rp. 85.000 hingga Rp.
190.000/pcs kemudian perlengkapan fashion (baju) yang beragam harganya, yang
memiliki kualitas baik pada masing-masing produk yang disediakan.
b.
Factor produk
(Product)
Target yang dituju dalam usaha ini
pria wanita dengan kisaran usia 17 tahun ke atas, maka produk yang disediakan
mempunyai desain yang unik, warna yang tidak norak, mengikuti tren, serta dapat
mengikuti selera dan keinginan konsumen.
c.
Factor promosi
(Promotion)
Untuk memudahkan pelaksanaan
penjualan, dilakukan usaha promosi (komunikasi pemasaran). Upaya yang akan
dilakukan untuk strategi pengiklanan dimulai pada pembuatan pamphlet dan
spanduk yang tersebar di titik-titik strategis calon konsumen.
Strategi publisitas dan public
relation penting untuk meningkatkan ketertarikan konsumen, apabila dilakukan
dengan baik strategi ini dapat menunjang strateti-strategi promosi lainnya yang
akan dilakukan.
d.
Factor tempat
(Place)
Tempat usaha yang akan didirikan
sangat strrategis karena terdapat di tengah-tengah pusat keramaian. Tempatnya
berada di Jl. Pati Kayen-tambakromo (timur pasar kayen) yang setiap harinya
tidak pernah sepi dari pengunjung dan dikellingi toko-toko yang selalu ramai
dengan pengunjung, hal ini dapat dijadikan peluang besar.
e.
Factor
orang/karyawan (people)
Dalam pemberian pelayanan terhadap
para pelanggan, kami menyiapkan karywan yang sebelumnya telah kami beri arahan
dan pelatihan, mereka juuga mempunyai basic dari sebuah organisasi ketika masih
dalam jenjang pendidikan. Lebih banyak kami mengambi; karyawan yang mencari
waktu freeline dan karyawan yang berusia 18-25 karena ini sebagai pemikat bagi
pelanggan dari segi pandang pertama. Sehingga karyawan kami telah siap untuk
berhubungan langsung dengan pelanggan dilihat dari cara bicara, tutur kata,
ekspresi dan body languangenya.
f.
Factor proses
(process)
Mutu pelayanan terhadap pelanggan
sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa
penggerak perusahaan yang kita miliki disamping dilihat dari kualitas barang
yang tersedia terdapat juga karyawan yang memberikan pelayanan, maka untuk
menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus
dijalankan sesuai dengan system dan prosedur yang strandart oleh karyawan yang
berkompetisii, berkomitmen, dan loyal terhadap Fold Store Distro.
g.
Physical
evidence
Gedung yang di desain secara unik
merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persayaratan yang
bernilai tambah bagi konsumen dalam perusahaan yang memiliki karakter.
Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, dan tata ruang yang lapang
menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan
harus dapat menciptakan suasana sehingga memberikan pengalaman kepada
pengunjung dan dapat memberikan nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi
syarat utama perusahaan dengan kelas market khusus.
6.
Konsep promosi
Dengan
membuat advertisement secara online di internet bisa dijangkau masyarakat luas
dan melakukan transaks atau pun bisnis online. Dengan cara ini kami optimis
Fold Store akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyrakat. Selain itu kami
juga akan mengandalkan penyampaian informasi dari kerabat dan teman kami
melalui mulut ke mulut yang nantinya kami harap usaha kami ini akan lebih bisa
di kenal lagi.
7.
Pelaksanaan distribusi
Distribusi
yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak
mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati
konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan
yang sebanyak-banyaknya.
8.
Strategi
promosi yang akan dilakukan
Strategi
yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
a.
Melakukan
iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring social.
b.
Membuat
katalog-katalog mengenai fashion yang sedang up to date di distro.
5.4
Program
Pemasaran
Strategi yang
digunakan adalah high profile and high cost, maksudnya adalah perusahaan
mempunyai profil yang berbeda dari toko lainnya level fasilitas toko yang berad
di atas standar toko yang berada di atas standar toko distro lain yang ada di
Jl. Pti Kayen-tambakromo dan tentunya kualitas barang yang disediakan baik
secara mempunyai image tersendiri hali ini terjadi karena biaya yang
dikeluarkan tinggi untuk proses pemasaran, operasional dan lain-lain sehingga
dari tingginya biaya mengakibatkan tingginya harga, namun kami masih
menyesuaikan sengan target pasar kami.
Adapun program
pemasaran yang akan dijalankan ialah :
1.
Tingkat
pelayanan
Dalam
memasarkan produk distro, pegawai distro memakai contoh produk yang ada di
distro untuk menampilkan estetika toko serta tidak lupa memberikan layanan yang
memuaskan melalui pemberian pelayanan ketika memilih produk distro, layanan
antar pesanan apabila pembelian lebih adari 5 piecis, dan terdapat garansi
penukaran jika terdapa cacat dalam produk.
2.
Penetapan harga
Penetapan
harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat
keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntunga yang relative sehingga
dapat menjalankan usaha secara kontinyu untuk meningkatkan pangsa pasar.
3.
Kegiatan
promosi
Beberapa
kegiatan promosi yang dilakukan adalah dengan melalui promosi di media social,
leaflet dan spanduk, maupun sebagai sponsor model.
4.
Dilihat dari
segi distribusi
Untuk
pendistribusian produk distro ini kami menggunakan transportasi darat, melalui
jasa pengiriman JNE, TIKI, dll.
5.5
Gambaran
Tentang Masa Kini
Resiko yang
dihadapi adalah beryupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan
pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya distro-distro maupun
outlet-outlet yang menjual pakaian dengan lebih mudah dan murah ataupun distro
yang berskala internasional. Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak
orang yang mengunjungi distro lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal
ni, maka kami selalu memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan
tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu pelanggan
akan memiliki keterkaitan den terus merasa perlu untuk dating ke tempat kami.
5.6 Resiko Usaha dan Antisipasi Resiko
Analisis Resiko Usaha
1.
Adanya
manajemen pengelolah yang kurang jujur.
2.
Terdapatnya
cacat pada barang yang dibeli.
3.
Barang yang
tidak laku.
4.
Tempat yang
kurang strategis.
5.
Tidak adanya
persediaan pada saat pemesanan barang oleh konsumen melalui katalog.
Antisipasi resiko usaha
1.
Kami akan
mengadakan diskon atau obral, untuk meminimalisir biaya agar tidak ada
terjadinya kerugian atau mengusahakan balik modal.
2.
Kami akan
membuat ciri khas tertentu pada kios/lapak kami baik dari segoi papan petunjuk
lokasi, furniture yang menarik, dan leaflet promosi.
3.
Kami akan
segera mungkin memesan produk yang diminta konsumen, sehingga konsumen kami
puas terhadap pelayanan yang kami berikan, atau kami akan menyarankan untuk
mengganti item pesanan tersebut dengan item yang tidak terlalu berbeda sehingga
konsumen tidak merasa kecewa.
BAB VI
RENCANA KEUANGAN
6.1 Marketing atau Promosi
a)
Analisis aspek
SDM
Untuk mendukung kelangsungan usaha ini dibutuhkan beberapa elemen
Sumber Daya Manusia (SDM) yang terkait didalamnya. Adapun Sumber Daya Manusia
yang terlibat dalam kelangsungan usaha ini, yaitu :
1.
Distributor
Agar
usaha ini dapat bertahan dan berjalan dengan baik, maka kami melakukan
kerjasama dengan distributor-distributor distro lainnya, sehingga bahan dan
produk mudah didapatkan. Distributor yang kami maksud merupakan orang yang
memasok barang-barang yang kami butuhkan seperti pabrik pakaian maupun toko
pakaian yang menjual segala bahan yang kami butuhkan.
2.
Tenaga kerja
Dalam
bisni distro ini kita tidak memerlukan sumber daya manusia yang ahli dan skill
yang khusus sepert sarjana dll, akan tetapi yang diperlukan adalah orang yang
mau bekerja secara tekun, telaten, sabar, kerja keras dan tidak gengsi karena
merupakan pekerjaan yang biasa menurut pandangan masyarakat tertentu.
3.
Masyarakat
sekitar
Selain
Sumber Daya Manusia (SDM) dari distributor dan tenaga kerja selanjutnya
masyarakat juga berperan penting dalam kelancaran usaha ini, karena kita juga
harus memiliki hubungan baik dengan masyarakat setempat, karena apabila kita
tidak mempunyai hubungan baik maka bisa saja usaha kita tidak disenangi
sehingga dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga disinilah kita
sebagai wirausaha harus mempunyai sikap yang baik dan jujur terhadap siapa
saja.
b)
Analysis aspek
finansial
1. Harga
Adapun
produk yang kami tawarkan memiliki harga yang bervariasi tergantung dari rasa
yag diinginkan oleh konsumen, karena macam-macam dari produk itu tidak sama.
Adapun daftar harga yang kami tetapkan adalah sebagai berikut :
-
Kemeja lengan
pendek Rp 90.000
-
Kemeja lengan
panjang Rp 120.000
-
Celana jeans
panjang Rp 120.000
-
Celana pendek Rp 90.000
-
Jaket Rp
170.000
-
Kaos Rp
70.000 – Rp 170.000
-
Tas Rp
180.000
-
Sepatu Rp 170.000
-
Aksesoris Rp 20.000 – Rp
70.000
c)
Biaya Proses
Produksi per tahun terdiri dari :
·
Modal awal
produksi
Renovasi awal dan desain interior
|
Rp. 4.000.000,-
|
Kulakan baju grosir
|
Rp. 30.000.000,-
|
Promosi
|
Rp. 3.000.000,-
|
Biaya gaji karyawan tahun pertama
|
Rp. 9.600.000,-
|
Jumlah modal produksi
|
Rp. 46.600.000,-
|
·
Biaya lain-lain
- listrik Rp.
960.000,-
- transportasi Rp.
2.000.000,-
Jumlah
biaya lain-lain Rp. 6.960.000,-
·
Total seluruh
biaya produksi (1+2)
Jumlah
modal produksi Rp. 46.600.000,-
Total Rp. 53.560.000,-
d)
Perncanaan laba
rugi
·
Biaya tetap
|
|
Penyusutan gedung dan peralatan
|
Rp. 15.000.000,-
|
Gaji pegawai
|
Rp. 9.600.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 24.600.000,-
|
·
Biaya
variable/produksi
|
|
Kulakan baju grosir
|
Rp. 30.000.000,-
|
Jumlah
|
Rp. 30.000.000,-
|
·
Biaya lain-lain
|
|
Listrik
|
Rp. 960.000,-
|
Transportasi
|
Rp. 2.000.000,-
|
Sewa
|
Rp. 4.000.000,-
|
Total modal produksi
|
Rp. 6.960.000,-
|
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
|
Rp. 61.560.000,-
|
·
Pendapatan
|
|
Penjualan aneka pakaian dan fashion
|
Rp. 80.690.000,-
|
TOTAL PENDAPATAN
|
Rp. 80.690.000,-
|
PROYEKSI
LABA/RUGI (KEUNTNGAN)
|
Rp.
80.690.000,-
|
Total pendapatan
|
Rp. 61.560.000,-
|
Total modal/pengeluaran
|
|
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
|
Rp. 19.130.000,-
|
6.2 Metode Pelaksanaan Program
A.
Metode
pengumpulan data
Metode pengumpulam yang dilakukan ialah dengan mencatat segala
jenis katifitas dan kendala-kendala apa saja yang dapat menghambat kelancaran
usaha Fold Store Distro ini. Kritik dan saran dari pelanggan akan sangat
mendukunga kemajuan usaha ini.
B.
Survei bahan
baku
Bahan baku sangat penting dalam usaha distro ini, karena tanpa
tersedianya bahan baku, sudah pasti usaha ini tidak akan berjalan lancar, salah
satu factor yang mendukung usaha distro ini adalah bahan baku, maka dari itu
kami membagi tugas survei dan menjalin kerja sama dengan suatu pabrik pakaian
maupun toko pakaian lain yang menjual bahan baku tersebut.
C.
Sosialisasi
kepada masyarakat
Percobaan demi percobaan kami lakukan demi mendapatkan kesan
terbaik bagi para konsumen dan berbeda dengan distro lainnya, untuk tahap awal
kami menawarkan kepada teman ataupun tetangga sekitar. Setelah mendapat respon
yang bagus baru kami berani mendirikan usaha distro yang diberi nama Fold
Store.
D.
Penjualan atau
pemasaran produk
Penjualan dilakukan setelah aktifitas kuliah, biasanya dilakukan
dari sore hingga malam hari.
E.
Pembagian hasil
kerja
Usaha Fold Store Distro ini merupakan usaha bersama yang kami
rintus yang menggunakan modal awal dengan cara patungan, maka dari itu
keuntungan juga kami bagi rata.
6.3 Biaya Investasi
Untuk modal
investasi yang kami cari melalui orang yang dekat dengan kami. Misalnya
investasi modal dari keluarga. Supaya untuk proses kedepannya akan lebih mudah
dan menjamin keamanan dalam usaha ini.
BAB VII
PENUTUP
7.1
Simpulan
Distro merupakan
usaha penjualan pakaian yang dapat digolongkan dalam fashion anak muda, usaha
distro berpeluang sangat besar dalam menembus pasar penjualan pakaian, karena
sasaran usaha ini adalah anak muda yang secara keseluruhan konsumtif.
Pendirian usaha
distro adalah langkah awal usaha milik sendiri dengan modal yang tidak terlalu
besar namun sangat layak dalam segi keuntungannya, kelebihan usaha ini adalah
pada produknya yang tidak ada dipasaran umum, biasanya hal seperti ini yang
dicari para kaula musa, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa usaha
distro sangat terasa keuntungan dan kepuasannya bak bagi produsen maupun
konsumen.
Kelemahan usaha
ini adalah system promosi dan pemasaran yang harus dilakukan dengan sangat
optimal, karena bukan tidak mungkin perusahaan distro lama maupun distro baru
bersaing dengan keadaan yang lebih baik, persaingan usaha ini memang sangat
ketat, namun sela peluang dengan meganalisis hal yang menyebabkan konsumen itu
puas serta didukung dengan aspek manajemen yang jelas, menjadi spirit
tersendiri kelangsungan operasional usaha ini.
Kemungkinan
terjadinya kerugian memang ada, cara meminimalisisr resiko tersebut adalah
dengan memperlakukan usaha layaknya usaha besar, artinya walaupun usaha distro
ini usaha kecil, namun tujuan keuntungan dari usaha ini harus direncanakan
dengan matang dan dijalankan sesuai rencana.
Proposal usaha ini
sangat berguna bagi para pembaca. Semua data yang kita butuhkan untuk membuka
suatu usaha terkhusus usaha distro telah tercantum di dalam buku proposal ini.
Semoga apa yang telah saya tuliskan dan rencanakan dapat menjadi inspirasi buat
para pembaca.
Harapan saya untuk
usaha “Fold Store Distro” ini ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan
maju. Setelah melaksanakan usaha ini, kami dapat mengambil kesimpulan :
1.
Seorang
pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk
kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2.
Sebelum membuka
usaha, seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen tujuan dan sasaran
yang akan dituju.
7.2 Rekomendasi
Dalam usaha ini
terdapat kelemahan pada system promosi dan pemasaran jadi untuk menghindari hal
yang tidak diinginkan seperti kerugian karena barang tidak laku terjual maka
sebaiknya dikerahkan lagi usaha promosi yang lebih intens dan optimal, karena
bukan tidak mungkin perusahaan distro lama mupun baru bersaing dengan keadaan
yang lebih baik. Persaingan usaha ini memang sangat ketat, namun dengan
menganalisis hal yang menyebabkan konsumen itu puas serta didukung dengan
pengelolaan yang jelas, menjadi spirit tersendiri dalam kelangsungan
operasional usaha ini.
DAFTAR PUSTAKA
Kasmir dan Jakfar, Studi Kelayakan Bisnis. Ed. I, Cet. I; Jakarta:
Kencana Prenada Media Group, 2003
Dikutip dari http://kemalfasya.blogspot.com/2011/02/studi-kelayakan-bisnis.html diakses pada tanggal 17 Maret 2017
Dikutip dari http://nyaritugas.blogspot.com/2011/12/aspek-keuangan-dalam-studi-kelayakan.html diakses pada tanggal 17 Maret 2017
Dikutip dari http://copasmakalah.blogspot.com/2011/09/contoh-makalah-studi-kelayakan-bisnis.html diakses pada tanggal 17 Maret 2017
Dikutip dari http://fastkaya.blogspot.com/2010/12/aspek-finansial-dan-ekonomi-studi.html diakses pada tanggal 17 Maret 2017
Dikutip dari http://wahyugustypranataxitkr5.blogspot.com/2013/05/contoh-proposal-usaha-distro.html diakses pada tanggal 17 Maret 2017
Dikutip
dari https://docs.google.com/document/d/1CDHGafkXJ5YGUTSS0pKvg-XQWQV2UN94sjHFcKqw4t4/edit diakses pada tanggal 17 Maret 2017
Sukirman
(2014) “ Pengembangan Kewirausahaan Melalui Peningkatan Kinerja Karyawan”. Vol
XVII No. 1 : 139-140
Keren 👍👍 lengkap banget
BalasHapusTerimakasih 🙏 bagus banget buat rekomendasi