Kamis, 06 April 2017

PROPOSAL USAHA BISNIS DISTRO

PROPOSAL USAHA BISNIS
FOLD STORE DISTRO
Dibuat untuk memenuhi tugas
KEWIRAUSAHAAN
Dosen Pengampu      : Dr. Drs. Sukirman., SPd., SH., MM
Disusun oleh :
Dyah Prahesti                        2015-11-001
 

PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
TAHUN 2017



KATA PENGANTAR
            Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Rahmat serta karunia-Nya kepada saya. Sehingga saya dapat menyelasaikan proposal usaha ini yang dengan tepat pada waktunya. Yang dimana proposal usaha ini bernama “Distro”.
            Proposal ini berisikan tentang bagaimana cara kita untuk membuka suatu bidang usaha. Yang dimana semua tentang cara-cara untuk menentukan lokasi sampai dari modal usaha akan di bahas secara detail.
            Diharapkan proposal ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang cara untuk membuka suatu usaha. Saya menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan proposal ini.
            Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan proposal ini dari awal sampai akhir. Semoga Tuhan senantiasa melindungi kita semua dari segala usaha kita. Amin.




Kudus, 18 Maret 2017

Penulis



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR …………………………………………………………………..    ii
DARTAR ISI ……………………………………………………………………………    iii
RINGKASAN ……………………………………………………………………….……  1
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang …………………………………………………………………….….   2
1.2 Konsep Usaha …………………………………………………………………………  2
1.3 Visi …………………………………………………………………………………….  3
1.4 Misi ……………………………………………………………………………………  3
1.5 Tujuan Usaha ………………………………………………………………………….  3
1.6 Manfaat Usaha ………………………………………………………………………...  4
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
2.1 Profil Organisasi ……………………………………………………………………..    5
2.2 Lokasi Perusahaan …………………………………………………………………...    5
BAB III STRUKTUR ORGANISASI
3.1 Nama Unit Usaha ……………………………………………………………………..  6
3.2 Organisasi …………………………………………………………………………….   7
3.3 Personalia …………………………………………………………………….……….. 7
3.4 Tenaga Kerja …………………………………………………………………………..  7
BAB IV PRODUK USAHA
4.1 Jenis Produk ………………………………………………………………………….    8
4.2 Produk yang Dihasilkan ……………………………………………………………..     8
4.3 Harga Produk …………………………………………………………………………   8
4.4 Model dan Design Produk ……………………………………………………..........     9
4.5 Penetapan Harga …………………………………………………………………….     9
4.6 Sumber-Sumber Produk atau Bahan ………………………………………………..      10
BAB V ASPEK PEMASARAN
5.1 Target dan Segmentasi Pasar ………………………………………………………..     11
5.2 Faktor Kompetitf …………………………………………………………………….    11
5.3 Rencana Penjualan …………………………………………………………………..     12
5.4 Program Pemasaran …………………………………………………………………      18
5.5 Gambaran Tentang Masa Kini ……………………………………………………….    18
5.6 Resiko Usaha dan Antisipasi Resiko …………………………………………………   19
BAB VI RENCANA KEUANGAN
6.1 Marketing Aspek SDM ………………………………………………………………    20
6.2 Metode Pelaksanaan Program ……………………………………………………….     22
6.3 Biaya Investasi ………………………………………………………………………..   23
BAB VII PENUTUP
7.1 Simpulan ………………………………………………………………………………  24
7.2 Rekomendasi ………………………………………………………………………….  25
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………….……………  26
LAMPIRAN ………………………………………………………………………………. 27


ABSTRAK
            Usaha distro adalah usaha yang kini sedang berkembang seiring dengan perkembangan dunia fashion khususnya fashion remaja. Usaha distro merupakan sebuah usaha singkatan dari Distribution store atau bisa juga di sebut dengan sebagai Distribution Outlet. Usaha ini sebenarnya hamper sama dengan usaha distribusi lain namun memiliki ciri khas yaitu sifat eksekutifnya, produksi tidak dilakukan secara masal sehingga distro ini akan memiliki kekhususan tersendiri.
            Melihat pada minat masyarakat terlebih kalangan remaja atau muda-mudi, kami tergerak untuk mencoba menjalankan bisnis distro ini. Selian itu, untuk menunjang pemasaran, kami juga berniat menjalankan usaha distro online yang akan kami lakukan dengan segmentasi pasar remaja pengguna Internet di seluruh Indonesia. Melihat prospek cerah usaha distro kami berniat untuk menjalankan usaha ini sebagai salah satu usaha kecil menengah di bidang fashion.



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Sebelum kita memulai usaha yang lagi gila-gilanya di berbagai kota ini setidaknya kita mengetahui latar belakang berkembangnya distro di Indonesia dan mengetahui unsur-unsur apa sajakah yang di perlukan dalam membangun usaha ini. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa keunggulan desain dan kualitas produk merupakan unsur utama yang sangat menentukan daya saing suatu prosuk manufaktur di era perdagangan glbal dewasa ini. Tanpa dikuasainya kedua unsur itu, maka dapat dipastikan suatu produk manufaktur akan sulit bersaing di pasar, baik di pasar domestic, maupun di pasar internasional. Bahkan, sangat mungkin terjadi produk tersebut akan benar-benar tersingkir dari arena persaingan pasar.
Keunggulan kreatifitas dan inovasi di bidang desain dan kualitas produk sangat dimungkinkan, karena kebanyakan para pengusaha muda itu umumnya memiliki latar belakang pendidikan bidang seni dan desain. Kreativitas merupakan suatu topic yang relevan tidak hanya bagi wirausaha yang baru memulai, tetapi juga bagi bisnis dan kegiatan bisnis pada umumnya.  Konsep usaha yang dijalankan adalah pakaian jadi, baju kaos, jaket dan celana, topi, sepatu, tas dompet dan ikat pinggang

Justru dengan mengandalkan kreatifitas dan inovasi desain produk itulah, kalangan pebisnis distro dapat meraih nilai tambah yang cukup tinggi denan memperoleh harga di atas harga jual rata-rata produk sejenis yang dipasarkan di department store atau outlet pakaian lainnya. Namun konsumen sendiri merasa puas dengan produk distro karena memiliki desain dan mere yang eksklusif. Bahkan dengan keeksklusifannya, desain-desain pakaian yang dihasilkan distro banyak sedikit kini sudah menjadi trend setter dalam dunia fashion di tanah air.
1.2  Konsep Usaha
Bisnis atau usaha kami bergerak di bidang perdagangan yang menjual berbagai aneka pakaian serta fashion yang pastinya up to date dan cocok dengan selera masyarakat, khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para konsumen/pembeli.
1.3  Visi
a.       Menjadikan perusahaan kaos distro terbaik yang senantiasa mampu bersaing dan tumbuh berkembang dengan sehat.
b.      Sebagai jasa media promosi yang handal di berbagai sarana media di skala internasional.
1.4  Misi
a.       Menghasilkan laba yang pantas yang untuk mendukung pengembangan perusahaan serta memberikan deviden yang memuaskan bagi para pelanggan.
b.      Memproduksi berbagai jenis kaos yang terkait dengan kebutuhan masyarakat dengan mutu terbaik, harga dan pasokan yang berdaya saing tinggi melalui pengolahan yang professional demi kepuasan pelanggan.
c.       Memberi penghargaan kepada teman melalui kesejahteraan yang memadai, penyediaaan lingkungan kerja yang aman, memberi kesempatan untuk pengembangan karier serta melakukan.
d.      Menjalin kemitraan kerja sama dengan pemasokan penyalur yang saling menguntungkan.
e.       Memberi perhatian yang tulus kepada masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja dan dukungan pembinaan social.
1.5  Tujuan Usaha
            Usaha distro ini di buat khusus bagi anak muda. Yang dimana style anak muda sekarang semakin berkembang. Mengikuti perkembangan tersebut timbul sebuah ide gagasan untuk membuat sebuah usaha distro. Yang dimana menyediakan kebutuhan gaya anak muda zaman sekarang. Dengan design yang lagi trend di kalangan anak muda sekarang.
            Disini juga kami ingin memberikan fasilitas seperti produk import, dari berbagai jenis merek yang terkenal dengan harga yang sepadan dengan kualitas produk yang kami sediakan. Kami juga ingin memberikan suatu insfirasi dari dsign yang kami buat sendiri. Memberikan kualitas produk yang bagus adalah salah satu tujuan dari distro saya ini.
            Selanjutnya adapun maksud dan tujuannya adalah sebagai berikut :
1.      Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan.
2.      Menyediakan kebutuhan fashion bagi masyarakat, supaya lebih mudah.
3.      Mengurangi tingkat pengangguran.
4.      Menjalin persahabatan antara pelanggan.
5.      Mendapatkan keuntungan atau laba.

1.6  Manfaat Usaha
a.       Mafaat Ekonomi
Usaha distro ini cukup menjanjikan, karena keuntungan yang didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan kemudahan bagi pelanggan dengan menjual produk yang berkualitas dan tidak murahan, dengan kata lain kualitas produknya selalu dijaga. Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan keuntungan yang sebesar-besarnya.
b.      Manfaat social
1.      Bagi pemilik
Dengan melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat berkembang ke berbagai daerah bahkan ke negara manapun. Usaha disto ini cukup menjanjikan bagi kita, karena masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang belum ada toko distro, sehingga kita dapat memasarkannya ke daerah tersebut. Keuntungan yang diperoleh oleh pemilik usaha yaitu dapat menjadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis. Serta dapat menjadi pembelajaran dalam menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang lebih besar. Pembelajaran yang diperoleh seperti bagaimana cara melayani konsumen, serta bagaimana supaya karyawan menjadi senang dengan kebijakan yang kita tetapkan, dan lain sebagainya.
2.      Bagi masyarakat
Dengan adanya distro ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan fashion merreka. Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karena apabila usaha ini telah berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha.



BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
2.1 Profil Organisasi
            Nama Usaha    : FOLD STORE
            Jenis  Usaha    : Distro bergerak di bidang fashion
            Alamat            : Pati Jl. Kayen-tambakromo (timur pasar kayen)
            Pemilik            : Dyah Prahesti
2.2 Lokasi Perusahaan
            Dalam mendirikan usaha distro kami harus mencari tempat yang strategis, karena pada umumnya sebagian konsumennya anak muda maka sebaiknya distro dibangun atau didirikan di tempat yang biasa anak muda serring berkumpul. Dengan cara ini tentu distro yang didirikan akan menarik perhatian anak muda tersebut dan kemudian mengunjungi distro tersebut. Selain dengan cara tersebut, orang banyak menggunakan internet untuk mempromosikan distronya. Blog atau situs pertemanan sering digunakan untuk memperknalkan distro yang mereka dirikan kepada orang-orang. Selain itu mempromosikan melalui mulut ke mulut juga cukup efektif. Apalagi distro merupakan tempat anak-anak muda berkumpul, pasti mereka akan memberi tahu kepada temannya untuk mengunjungi distro tersebut.
            Lokasi yang saya incar adalah di daerah yang ramai penduduk. Tempat yang strategis dan dekat dengan jalan raya, sehingga pengunjung akan lebih mudah untuk mengunjungi distro kita. Sehingga para konsumen dapat singgah untuk melihat produk-produk baru yang kita miliki. Lokasi inilah yang membuka jalan kesuksesan dalam menjalankan usaha yang sedang kita tekuni.



BAB III
STUKTUR ORGANISASI
            Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat. Usaha distro Fold Store mempunyai slogan “wild and worldwide”
            Daerrah Jl. Kayen pati merupakan kawasan yang tepat dalam membangun sebuah usaha di karenakan tempatnya yang strategis juga sering digunnakan tempat nongkrong anak muda, kami mengharapkan nantinya usaha kami ini akan berkembang pesat dengan inovasi-inovasi yang selalu kami berikan untuk produk kedepannya.
            Usaha Distro ini berdiri atas keinginan kami yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang kewirausahaan, kami mendirikan sebuah usaha distro yang dinamakan Fold Store yang berdiri di kota Pati, kota yang sedang gencar dalam melaksanakan pembangunan dan dengan tingkat kesejahteraan warganya yang cukup tinggi serta kesadaran akan berpakaian yang menarik di setiap warga kotanya.
            Fold Store didirikan untuk mempelopori para kaum muda di Pati agar dapat mendirikan sebuah usaha yang menarik dan memiliki sebuah prinsip sehingga dapat bergna dalam perkembangan Negara maupun di Pati.
3.1 Nama Unit Usaha
                 Pemeberian nama usaha merupakan sebuah doa dan harapan dari pemilik toko. Saya akan memberi nama usaha ini adalah :
FOLD STORE DISTRO
                 Alamat usaha didirikan                  : Jl. Pati Kayen-tambakromo (timur pasar kayen)
                 Pemilik                                           : Dyah Prahesti
                 Tagline                                            : Wild And Worldwide


3.2 Organisasi
                 Organisasi yang saya jalankan ini bergerak di bidang fashion yaitu menitiberatkan pada pakaian anak muda. Dimana usaha ini akan bisa bersaing dan mengambil andil diorganisasi pengusaha.
3.3 Personalia
                 Dalam usaha yang saya geluti, distro ini membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak meliputi :
1.      Bagian departemen keuangan dibutuhkan 1 orang
2.      Bagian departemen pembelian dibutuhkan 1 orang
3.      Bagian departemen penyedia dibutuhkan 1 orang
4.      Bagian departemen pemasaran dibutuhkan 1 orang
5.      Karyawan untuk pelayanan pelanggan dan proses pemuatan produk dibutuhkan 5 orang
3.4 Tenaga Kerja
            Tenaga kerja yang kita gunakan dalam distro ini adalah laki-laki. Karena kebanyakan yang dijual dalam distro kami ini adalah kebanyakan produk fashion laki-laki. Dan rencananya kami akan mempekerjakan wanita, di dalam memilik karyawan kita juga harus menentukan kriteria yang pas untuk distro kami. Karena postur tubuh yang ideal akan lebih menarik pelanggan untuk mengunjungi toko kita.



BAB IV
PRODUK USAHA
4.1 Jenis Produk
            Jenis produk yang ingin saya buat adalah yang sesuai dengan trend anak muda sekarang, yang terkhusus bagi para mahasiswa. Kami ingin memberikan jenis produk mulai dari pakaian jadi, baju kaos, jaket dan selana dan pernak-perniknya, topi, sepatu, tas, dompet dan ikat pinggag. Kami berusaha keras untuk memberikan produk yang beda dengan produk di pasaran murah. Produk distro ini akan memberikan kualitan dan design yang beda denggan produk yang ada di pasaran murah. Sehingga para pembeli akan merasa puas dengan apa yang telah di belinya.
4.2 Produk yang Dihasilkan
            Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 5 buah pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
            Adapun kualias produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan, yaitu :
a.       Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen.
b.      Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang up to date.
c.       Hasil sablon sangat rapid an tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
Keunggulan produk. Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat. Selain itu produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
a.       Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen.
b.      Kualitas produk terjamin.
c.       Sesuai dengan selera masyarakat.
4.3 Harga Produk
Dalam menentukan harga barang atau produk yang dijual memang harus disesuaikan dengan kantong dari konsumennya. Tapi meskipun biasanya barang-barang yang di jual di distro agak mahal, tetapi tetap saja tidak mengurangi minat para anak muda untuk membeli pakaian, celana, atau aksesoris yang mereka gunakan di distro. Memang gengsi di antara kalangan anak muda mempengaruhi hal tersebut, tetapi model dan kualitas barang-barang yang ada di distro sangat sesuai dengan selera para anak muda, sehingga mereka tetap membeli barang-barangg yang ada di distro meskipun harganya mahal. Akan tetapi pemilik distro harus memperhatikan kualitas dari barang yang dijualnya, agar harga yang para konsumen bayar sesuai dengan kualitas barang yang mereka beli. Sebenarya ada 2 jenis distro yang disekitar timur pasar Kayen, keunggulan dari Fold Store ini terletak pada segi harga yang lebih terjangkau, dan produk-produk yang dipasarkan juga lumayan banyak, sehingga dapat memilih produk sesuai dengan keinginan konsumen.
4.4 Model dan Design Produk
            Anak-anak muda biasanya tidak mau ketinggalan dalam hal berpakaian, mereka selalu berusaha mengikuti trend masa kini. Dan model pakaian yang dijual di distro biasanya mengikuti perkembangan trend masa kini. Seperti model gambar pada baju misalnya, biasanya distro menjual baju-baju dengan gambar-gambar artistic yang sangat bagus dan digemari anak-anak muda. Contoh lain baju-baju pada distro memiliki warna-warna yang menarik dan beraneka ragam. Dengan menyediakan sperti contoh-contoh di atas tentu para konsumen akan puas dengan barang-barang yang ada di distro.
4.5 Penetapan Harga
            Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah table harga jasa produk yang ditawarkan, adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan degan perkembangan selanjutnya.
Berikut adalah daftar harga yang telah ditentukan oleh distro Fold Store
No
Jenis Produk
Harga
1
Kemeja lengan pendek
>Rp 90.000
2
Kemeja lengan panjang
>Rp 120.00
3
Celana jeans panjang
>Rp 130.000
4
Celana pendek
>Rp 90.000
5
Jaket
>Rp 170.000
6
Kaos
Rp 70.000 – Rp 170.000
7
Tas
>Rp 140.000
8
Sepatu
>Rp 160.000
9
Aksesoris 
Rp 20.000 – Rp 70.000

No
Merk dan jenis produk
Harga produk
1
Baju Berak
Rp. 130.000,-
2
Fold
Rp. 110.000,-
3
Jaket bomber
Rp. 150.000,-
4
Sweater
Rp. 115.000,-
5
Celana panjang
Rp. 130.000,-
6
Sepatu vans
Rp. 160.000,-
7
Tas ransel
Rp. 140.000,-
8
Hem panjang
Rp. 130.000,-
9
Kemeja pendek
Rp.   95.000,-
10
Sepatu converse
Rp. 120.000,-
11
Kaos surfing
Rp.   80.000,-
12
Jaket skate
Rp. 180.000,-
13
Kaos skate
Rp.   90.000,-
14
Kaos polo
Rp.   90.000,-
15
Scac ltd
Rp. 125.000,-

4.6 Sumber-Sumber Produk/Bahan
            Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.
                                                                     BAB V
ASPEK PEMASARAN
5.1  Targer dan Segmentasi Pasar
1.      Segementasi   : Berdasarkan wilayah pemasaran, sikap dan kemampuan konsumen, yang akan menjadi segmen pemasaran distro ini adalah masyarakat yang ada di Pati serta para pengunjung dari luar kota lainnya, baik perempuan dan laki-laki diatas 17 tahun yang telah memiliki pendapatan tersendiri dengan skala bawah, menengah, dan atas.
2.      Targeting       : Pasar yang kita coba identifikasi ialah kaula muda yang ingin tampil modern dan trendi dalam berpakaian sehari-hari. Dan juga para pemilik online shop yang ingin bekerjasama untuk menjual barang-barang yang ada di distro kami dengan harga yang tidak jauh beda dari harga pasaran distro untuk memudahkan pelanggan.
3.      Positioning     : Berdasarkan keunggulan yang dimiliki produk ini, seperti bahan baku yang berkualitas baik, desainnya yang unik, keberagaman produk yang disediakan, serta dapat mengikuti selera konsumen, maka posisi produk distro ini adalah prouk yang berkualitas tinggi dan akan disukai oleh target pemasaran.
5.2  Faktor Kompetitif
1.      Ruang lingkup usaha
Ruang lingkup usaha distro ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Usaha Fold Store Distro terletak Jl. Pati Kayen-tambakrama km 1 sebelah timur pasar Kayen. Distro ini sudag mempenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi sangat mudah.
2.      Analisis operasional
Adapun rencana produksi yang dijalankan ialah sebagai berikut :
a.       Desain produk
Desain produk yang diusahakan ialah kami membuatnya dengan semenarik mungkin agar pelanggan tidak bosan dengan tampilan distro yang biasa-biasa saja.
b.      Tempat usaha
Tempat usaha yang kami rintis ialah dipinggir jalan-jalan utama yang ramai dilalui orag, agar konsumen dapat dengan mudah mengakses tempat usaha kami.
c.       Pengawasan kualitas
Dalam mengontrol kualitas produk dari usaha kami ini agar dapat dinikmati oleh konsumen dengan baik, maka kami melakukan pengecekan setiap hari terhadap kualitas maupun kuantitas dari produk-produk yang ada di distro kami. Agar para konsumen tidak mendapatkan produk/barang yang tidak layak jual.
3.      Kondisi Pasar
Kondisi pasar yang stabil dengan keramaian. Sehingga tidak ada yang namanya hari libur sepi pengunjung. Misalnya di perkotaan, sehingga masyarakat akan senantiasa banyak yang akan dating. Peluang kesuksesan pun akan semakin jelas kelihatan. Kondisi pasar yang selalu ramai baik dari lingkungan setempat maupun dari luar kota.

4.      Permintaan
Jika dilihat dari estimasi          : dalam sehari tidak akan kurang dari 15 orang yang mendatangi Fold Store Distro, karena banyaknya kalangan anak muda yang benar-benar mengikuti trend masa kini yang ingin berpenampilan menarik dan menjadi pusat perhatian. Dan juga dengan selalu adanya acara-acara anak muda yang selaras dengan konsep fashion kami.
5.      Penawaran
Penawaran yang diberikan oleh toko ini ialah kualitas barang yang baik dengan tingkat ketersediaan barang yang memadai, maka dengan kualitas barang yang bagus harga yang ditawarkan pun pasti tinggi, namun dengan seimbangnya antara harga dengan kualitas barang yang ditawarkan konsumen tidak akan merasa kecewa ataupun merasa kemahalan karena kita menyesuaikan dengan tingkat kemampuan pelanggan.
5.3  Rencana Penjualan
1.      Analisis SWOT
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut :
a.       Factor internal
                                i.            Strengths (Kekuatan)
·         Harga dari produk yang dijual di Fold Store ini tidak terlalu murah juga tidak terlalu mahal, sehingga dapat terjangkau oleh kalangan masyarakat/konsumen.
·         Distro Fold Store ini  mempunyai tempat yang nyaman, karena kualitas dan kebersihannya selalu kami utamakan.
·         Karena distro Fold Store mempunyai banyak pilihan mulai dari baju, celana, tas sampai sepatu, sehingga konsumen dapat memilih pakaian yang sesuai dengan keinginan mereka masing-masing.
·         Perlengkapannya mudah di dapatkan.
                              ii.            Weakness (Kelemahan)
·         Fektor tempat juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karena apabila tempatnya kurang ramai maka permintaan akan sedikit.
·         Permintaan dari konsumen biasanya akan menurun, jika keeadaan cuaca sedang buruk.
·         Factor kenaikan dari harga barang juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.
b.      Factor eksternal
i.                    Opportunities (Peluang/Kesempatan)
·         Melihat banyaknya masyarakat dan mahasiswa yang membutuhkan pakaian terutama fashion pakaian, sehingga distro Fold Store mempunyai banyak pakaian dan merk yang kita jual.
·         Sebagian besar pemilik distro yang ada hanya menawarkan beberapa produk pakaian yang itu-itu saja, maka distro kami menawarkan berbagai macam produk mulai baju, kemeja, celana panjang maupun pendek, tas, sepatu dan aksesoris lainnya.
·         Fold Store menjual berbagai macam produk dan pakaian dari anak muda, mahasiswa dan anak sekolah lainnya. Dan apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada konsumen kurang memuaskan, maka konsumen pun akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan terancam bangkrut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kami dalam menjalankan usaha ini akan selalu memberikan pelayanan dan kualitas produk yang terbaik kepada semua konsumen kami. Kualitas produk yang baik dan pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama kami dalam menjalankan usaha ini.
2.      Rencana usaha
Adapun rencana usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut :
a.       Rencana jangka pendek
Usaha diatro yang kami rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam usaha bisnis bagi kalangan sesame mahasiswa maupun bagi umum, selaik dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan.
b.      Rencana jangka menengah
Usaha yang kami rintis ini pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian kami bersama, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha kami kedepannya.. pelanggan ialah raja, maka dari itu kepuasan pelanggan menjadi yang utama dari segalanya, karena tanpa pelanggan belum tentu usaha ini akan bertahan lama. Tidak lupa pula kami rajin melakukan promosi usaha kami, baik dari mulut ke mulut, media online, dan media yang lainnya.
c.       Rencana jangka panjang
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini, tidak lupa pula kami membangun jaringan dengan pabrik pakaian agar kami dapat dengan mudah untuk mendapatkan bahan baku agar usaha ini tidak mengalami kendala apapun dalam penyediaan bahan baku.
3.      Analisis pasar dan pemasaran
Analisis pasar dan pemasaran usaha distro kami yaitu :
a.       Target pasar
Usaha ini berlkasi di tempat-tempat yang strategis dan di pinggir-pinggir jalan utama. Tempat yang berlokasi tersebut yang banyak di lewati oleh masyarakat, baik masyarakat local maupun non local sehingga usaha kami ini mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi target pasar kami yaotu masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat usaha kami berdiri.
b.      Pesaing
Terdapat banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.
c.       Sasaran pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mecakup semua kalangan masyarakat. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karena harga yang kami berikan pun untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan sesuai dengan jenis produk barang yang akan dibeli oleh para konsumen.
4.      Strategi pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah :
a.       Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk mlakukan promosi. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Daan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli produk dari Fold Store Distro dii tempat kita.
b.      Dengan media Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, Instagram, blog, dll. Karena sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita.
c.       Pengembangan pasar
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromosikan usaha kami ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha distro ini ke daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan baru.
d.      Pengembangan produk
Penegmbangan produk dri usaha ini dapat menambahkan beberapa barang yang tidak dimiliki pesaing lain sehingga dapat memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar semakin luas, da tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat.


5.      Bauran pemasaran
Bauran pemasaran yang dilakukan oleh Fold Store Distro adalah 7P karena disamping menyediakan kelangkapan fashion, Fold Store Distro pun melayani jasa kirim barang, jika pelanggan mengorder diatas 5 piece.
a.       Factor harga (Price)
Dalam bisnis distro ini harga produk fashion (baju) yang ditawarkan bermacam-macam berkisar Rp. 85.000 hingga Rp. 190.000/pcs kemudian perlengkapan fashion (baju) yang beragam harganya, yang memiliki kualitas baik pada masing-masing produk yang disediakan.
b.      Factor produk (Product)
Target yang dituju dalam usaha ini pria wanita dengan kisaran usia 17 tahun ke atas, maka produk yang disediakan mempunyai desain yang unik, warna yang tidak norak, mengikuti tren, serta dapat mengikuti selera dan keinginan konsumen.
c.       Factor promosi (Promotion)
Untuk memudahkan pelaksanaan penjualan, dilakukan usaha promosi (komunikasi pemasaran). Upaya yang akan dilakukan untuk strategi pengiklanan dimulai pada pembuatan pamphlet dan spanduk yang tersebar di titik-titik strategis calon konsumen.
Strategi publisitas dan public relation penting untuk meningkatkan ketertarikan konsumen, apabila dilakukan dengan baik strategi ini dapat menunjang strateti-strategi promosi lainnya yang akan dilakukan.
d.      Factor tempat (Place)
Tempat usaha yang akan didirikan sangat strrategis karena terdapat di tengah-tengah pusat keramaian. Tempatnya berada di Jl. Pati Kayen-tambakromo (timur pasar kayen) yang setiap harinya tidak pernah sepi dari pengunjung dan dikellingi toko-toko yang selalu ramai dengan pengunjung, hal ini dapat dijadikan peluang besar.
e.       Factor orang/karyawan (people)
Dalam pemberian pelayanan terhadap para pelanggan, kami menyiapkan karywan yang sebelumnya telah kami beri arahan dan pelatihan, mereka juuga mempunyai basic dari sebuah organisasi ketika masih dalam jenjang pendidikan. Lebih banyak kami mengambi; karyawan yang mencari waktu freeline dan karyawan yang berusia 18-25 karena ini sebagai pemikat bagi pelanggan dari segi pandang pertama. Sehingga karyawan kami telah siap untuk berhubungan langsung dengan pelanggan dilihat dari cara bicara, tutur kata, ekspresi dan body languangenya.
f.       Factor proses (process)
Mutu pelayanan terhadap pelanggan sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan yang kita miliki disamping dilihat dari kualitas barang yang tersedia terdapat juga karyawan yang memberikan pelayanan, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan system dan prosedur yang strandart oleh karyawan yang berkompetisii, berkomitmen, dan loyal terhadap Fold Store Distro.
g.      Physical evidence
Gedung yang di desain secara unik merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persayaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalam perusahaan yang memiliki karakter. Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat memberikan nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan dengan kelas market khusus.
6.      Konsep promosi
Dengan membuat advertisement secara online di internet bisa dijangkau masyarakat luas dan melakukan transaks atau pun bisnis online. Dengan cara ini kami optimis Fold Store akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyrakat. Selain itu kami juga akan mengandalkan penyampaian informasi dari kerabat dan teman kami melalui mulut ke mulut yang nantinya kami harap usaha kami ini akan lebih bisa di kenal lagi.
7.      Pelaksanaan distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.
8.      Strategi promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
a.       Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring social.
b.      Membuat katalog-katalog mengenai fashion yang sedang up to date di distro.
5.4  Program Pemasaran
Strategi yang digunakan adalah high profile and high cost, maksudnya adalah perusahaan mempunyai profil yang berbeda dari toko lainnya level fasilitas toko yang berad di atas standar toko yang berada di atas standar toko distro lain yang ada di Jl. Pti Kayen-tambakromo dan tentunya kualitas barang yang disediakan baik secara mempunyai image tersendiri hali ini terjadi karena biaya yang dikeluarkan tinggi untuk proses pemasaran, operasional dan lain-lain sehingga dari tingginya biaya mengakibatkan tingginya harga, namun kami masih menyesuaikan sengan target pasar kami.
Adapun program pemasaran yang akan dijalankan ialah :
1.      Tingkat pelayanan
Dalam memasarkan produk distro, pegawai distro memakai contoh produk yang ada di distro untuk menampilkan estetika toko serta tidak lupa memberikan layanan yang memuaskan melalui pemberian pelayanan ketika memilih produk distro, layanan antar pesanan apabila pembelian lebih adari 5 piecis, dan terdapat garansi penukaran jika terdapa cacat dalam produk.
2.      Penetapan harga
Penetapan harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntunga yang relative sehingga dapat menjalankan usaha secara kontinyu untuk meningkatkan pangsa pasar.
3.      Kegiatan promosi
Beberapa kegiatan promosi yang dilakukan adalah dengan melalui promosi di media social, leaflet dan spanduk, maupun sebagai sponsor model.
4.      Dilihat dari segi distribusi
Untuk pendistribusian produk distro ini kami menggunakan transportasi darat, melalui jasa pengiriman JNE, TIKI, dll.
5.5  Gambaran Tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah beryupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya distro-distro maupun outlet-outlet yang menjual pakaian dengan lebih mudah dan murah ataupun distro yang berskala internasional. Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi distro lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ni, maka kami selalu memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan den terus merasa perlu untuk dating ke tempat kami.
5.6 Resiko Usaha dan Antisipasi Resiko
Analisis Resiko Usaha
1.      Adanya manajemen pengelolah yang kurang jujur.
2.      Terdapatnya cacat pada barang yang dibeli.
3.      Barang yang tidak laku.
4.      Tempat yang kurang strategis.
5.      Tidak adanya persediaan pada saat pemesanan barang oleh konsumen melalui katalog.
Antisipasi resiko usaha
1.      Kami akan mengadakan diskon atau obral, untuk meminimalisir biaya agar tidak ada terjadinya kerugian atau mengusahakan balik modal.
2.      Kami akan membuat ciri khas tertentu pada kios/lapak kami baik dari segoi papan petunjuk lokasi, furniture yang menarik, dan leaflet promosi.
3.      Kami akan segera mungkin memesan produk yang diminta konsumen, sehingga konsumen kami puas terhadap pelayanan yang kami berikan, atau kami akan menyarankan untuk mengganti item pesanan tersebut dengan item yang tidak terlalu berbeda sehingga konsumen tidak merasa kecewa.


BAB VI
RENCANA KEUANGAN
6.1 Marketing atau Promosi
a)      Analisis aspek SDM
Untuk mendukung kelangsungan usaha ini dibutuhkan beberapa elemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang terkait didalamnya. Adapun Sumber Daya Manusia yang terlibat dalam kelangsungan usaha ini, yaitu :
1.      Distributor
Agar usaha ini dapat bertahan dan berjalan dengan baik, maka kami melakukan kerjasama dengan distributor-distributor distro lainnya, sehingga bahan dan produk mudah didapatkan. Distributor yang kami maksud merupakan orang yang memasok barang-barang yang kami butuhkan seperti pabrik pakaian maupun toko pakaian yang menjual segala bahan yang kami butuhkan.
2.      Tenaga kerja
Dalam bisni distro ini kita tidak memerlukan sumber daya manusia yang ahli dan skill yang khusus sepert sarjana dll, akan tetapi yang diperlukan adalah orang yang mau bekerja secara tekun, telaten, sabar, kerja keras dan tidak gengsi karena merupakan pekerjaan yang biasa menurut pandangan masyarakat tertentu.
3.      Masyarakat sekitar
Selain Sumber Daya Manusia (SDM) dari distributor dan tenaga kerja selanjutnya masyarakat juga berperan penting dalam kelancaran usaha ini, karena kita juga harus memiliki hubungan baik dengan masyarakat setempat, karena apabila kita tidak mempunyai hubungan baik maka bisa saja usaha kita tidak disenangi sehingga dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga disinilah kita sebagai wirausaha harus mempunyai sikap yang baik dan jujur terhadap siapa saja.
b)     Analysis aspek finansial
1.      Harga
Adapun produk yang kami tawarkan memiliki harga yang bervariasi tergantung dari rasa yag diinginkan oleh konsumen, karena macam-macam dari produk itu tidak sama. Adapun daftar harga yang kami tetapkan adalah sebagai berikut :
-          Kemeja lengan pendek            Rp 90.000
-          Kemeja lengan panjang           Rp 120.000
-          Celana jeans panjang               Rp 120.000
-          Celana pendek                                    Rp 90.000
-          Jaket                                        Rp 170.000
-          Kaos                                        Rp 70.000 – Rp 170.000
-          Tas                                           Rp 180.000
-          Sepatu                                     Rp 170.000
-          Aksesoris                                 Rp 20.000 – Rp 70.000
c)      Biaya Proses Produksi per tahun terdiri dari :
·         Modal awal produksi
Renovasi awal dan desain interior
Rp.   4.000.000,-
Kulakan baju grosir
Rp. 30.000.000,-
Promosi
Rp.   3.000.000,-
Biaya gaji karyawan tahun pertama
Rp.   9.600.000,-
Jumlah modal produksi
Rp.  46.600.000,-
·         Biaya lain-lain
-           listrik                           Rp.     960.000,-
-           transportasi                  Rp.  2.000.000,-
-           sewa toko                    Rp   4.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain              Rp.  6.960.000,-
·         Total seluruh biaya produksi (1+2)
Jumlah modal produksi           Rp. 46.600.000,-
Jumlah biaya lain-lain              Rp.   6.960.000,-
Total                                        Rp. 53.560.000,-
d)     Perncanaan laba rugi
·                  Biaya tetap

Penyusutan gedung dan peralatan
Rp. 15.000.000,-
Gaji pegawai
Rp.   9.600.000,-
Jumlah
Rp. 24.600.000,-
·                     Biaya variable/produksi

Kulakan baju grosir
Rp. 30.000.000,-
Jumlah
Rp. 30.000.000,-
·                     Biaya lain-lain

Listrik
Rp.     960.000,-
Transportasi
Rp.  2.000.000,-
Sewa
Rp.  4.000.000,-
Total modal produksi
Rp.  6.960.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
Rp. 61.560.000,-
·                    Pendapatan

Penjualan aneka pakaian dan fashion
Rp. 80.690.000,-
TOTAL PENDAPATAN
Rp. 80.690.000,-
PROYEKSI
LABA/RUGI (KEUNTNGAN)
Rp. 80.690.000,-
Total pendapatan
Rp. 61.560.000,-
Total modal/pengeluaran

TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
Rp. 19.130.000,-

6.2 Metode Pelaksanaan Program
A.    Metode pengumpulan data
Metode pengumpulam yang dilakukan ialah dengan mencatat segala jenis katifitas dan kendala-kendala apa saja yang dapat menghambat kelancaran usaha Fold Store Distro ini. Kritik dan saran dari pelanggan akan sangat mendukunga kemajuan usaha ini.
B.     Survei bahan baku
Bahan baku sangat penting dalam usaha distro ini, karena tanpa tersedianya bahan baku, sudah pasti usaha ini tidak akan berjalan lancar, salah satu factor yang mendukung usaha distro ini adalah bahan baku, maka dari itu kami membagi tugas survei dan menjalin kerja sama dengan suatu pabrik pakaian maupun toko pakaian lain yang menjual bahan baku tersebut.
C.     Sosialisasi kepada masyarakat
Percobaan demi percobaan kami lakukan demi mendapatkan kesan terbaik bagi para konsumen dan berbeda dengan distro lainnya, untuk tahap awal kami menawarkan kepada teman ataupun tetangga sekitar. Setelah mendapat respon yang bagus baru kami berani mendirikan usaha distro yang diberi nama Fold Store.


D.    Penjualan atau pemasaran produk
Penjualan dilakukan setelah aktifitas kuliah, biasanya dilakukan dari sore hingga malam hari.
E.     Pembagian hasil kerja
Usaha Fold Store Distro ini merupakan usaha bersama yang kami rintus yang menggunakan modal awal dengan cara patungan, maka dari itu keuntungan juga kami bagi rata.
6.3 Biaya Investasi
            Untuk modal investasi yang kami cari melalui orang yang dekat dengan kami. Misalnya investasi modal dari keluarga. Supaya untuk proses kedepannya akan lebih mudah dan menjamin keamanan dalam usaha ini.



BAB VII
PENUTUP
7.1 Simpulan
            Distro merupakan usaha penjualan pakaian yang dapat digolongkan dalam fashion anak muda, usaha distro berpeluang sangat besar dalam menembus pasar penjualan pakaian, karena sasaran usaha ini adalah anak muda yang secara keseluruhan konsumtif.
            Pendirian usaha distro adalah langkah awal usaha milik sendiri dengan modal yang tidak terlalu besar namun sangat layak dalam segi keuntungannya, kelebihan usaha ini adalah pada produknya yang tidak ada dipasaran umum, biasanya hal seperti ini yang dicari para kaula musa, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa usaha distro sangat terasa keuntungan dan kepuasannya bak bagi produsen maupun konsumen.
            Kelemahan usaha ini adalah system promosi dan pemasaran yang harus dilakukan dengan sangat optimal, karena bukan tidak mungkin perusahaan distro lama maupun distro baru bersaing dengan keadaan yang lebih baik, persaingan usaha ini memang sangat ketat, namun sela peluang dengan meganalisis hal yang menyebabkan konsumen itu puas serta didukung dengan aspek manajemen yang jelas, menjadi spirit tersendiri kelangsungan operasional usaha ini.
            Kemungkinan terjadinya kerugian memang ada, cara meminimalisisr resiko tersebut adalah dengan memperlakukan usaha layaknya usaha besar, artinya walaupun usaha distro ini usaha kecil, namun tujuan keuntungan dari usaha ini harus direncanakan dengan matang dan dijalankan sesuai rencana.
            Proposal usaha ini sangat berguna bagi para pembaca. Semua data yang kita butuhkan untuk membuka suatu usaha terkhusus usaha distro telah tercantum di dalam buku proposal ini. Semoga apa yang telah saya tuliskan dan rencanakan dapat menjadi inspirasi buat para pembaca.
            Harapan saya untuk usaha “Fold Store Distro” ini ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Setelah melaksanakan usaha ini, kami dapat mengambil kesimpulan :
1.      Seorang pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2.      Sebelum membuka usaha, seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen tujuan dan sasaran yang akan dituju.
7.2 Rekomendasi
            Dalam usaha ini terdapat kelemahan pada system promosi dan pemasaran jadi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti kerugian karena barang tidak laku terjual maka sebaiknya dikerahkan lagi usaha promosi yang lebih intens dan optimal, karena bukan tidak mungkin perusahaan distro lama mupun baru bersaing dengan keadaan yang lebih baik. Persaingan usaha ini memang sangat ketat, namun dengan menganalisis hal yang menyebabkan konsumen itu puas serta didukung dengan pengelolaan yang jelas, menjadi spirit tersendiri dalam kelangsungan operasional usaha ini.
DAFTAR PUSTAKA
Kasmir dan Jakfar, Studi Kelayakan Bisnis. Ed. I, Cet. I; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2003
Dikutip dari http://kemalfasya.blogspot.com/2011/02/studi-kelayakan-bisnis.html diakses pada tanggal 17 Maret 2017
Dikutip dari http://conotohproposalsmk.blogspot.co.id/ diakses pada tanggal 17 Maret 2017
Sukirman (2014) “ Pengembangan Kewirausahaan Melalui Peningkatan Kinerja Karyawan”. Vol XVII No. 1 : 139-140

1 komentar:

  1. Keren 👍👍 lengkap banget
    Terimakasih 🙏 bagus banget buat rekomendasi

    BalasHapus

MAKALAH KEWIRAUSAHAAN MENGANALISIS KONVEKSI BUSANA MUSLIMAH DAN HIJAB ALJAZEERA Untuk Memenuhi Tugas Ulangan Akhir Semester Genap Mata ...